Lisplang Baja Ringan, Bikin Kanopi di Teras Rumah Makin Estetik

Lisplang Baja Ringan

Lisplang baja ringan mungkin masih jarang digunakan pada atap bangunan utama. Tetapi elemen satu ini sering ditemukan pada kanopi yang biasanya difungsikan sebagai carport.

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebenarnya apa itu lisplang? Secara umum, lisplang adalah bagian dari atap bangunan berbentuk bilah papan yang dipasang di tepian atap agar tampak rapi jika diihat dari bawah.

Namun seiring berkembangnya zaman, lisplang mulai diterapkan untuk kanopi  teras rumah. Material yang digunakan pun bervariasi, salah satunya adalah baja ringan.

Fungsi Lisplang Baja Ringan

Lisplang Kanopi Baja Ringan
Lisplang Kanopi (Sumber: instagram.com/kanopi_roemah_banjarmasin)

Ditinjau dari sisi konstruksi, lisplang baja ringan berfungsi menutupi bangunan pada bagian atas. Mengingat susunan rangka baja ringan yang dikunci oleh baut masih dapat bergeser, sehingga dengan pemasangan lisplang, susunannya dapat ditahan.

Di samping itu, fungsi lain elemen ini yaitu sebagai dudukan atap, tempat pemasangan talang air, dan bisa melindungi rumah dari hewan yang berpotensi masuk melalui atap (tikus, kelelawar, dan lain sebagainya). Hal terutama jika lisplang diaplikasikan untuk atap rumah.

Di sisi lain, berdasarkan estetika, Ir. Galing Yudana MT. menyebut bahwa lisplang merupakan aksesoris atap yang fungsinya merapikan atau mempermanis rumah.

Meski tak termasuk dalam struktur utama, pemasangan lisplang harus sesuai dengan rencana tata bangunan (RTB). Keberadaannya pun perlu diperhitungkan berdasarkan tinggi rumah, desain, dan gaya rumah yang diterapkan.

Begitu pula ketika diimplementasikan pada kanopi. Lisplang akan menambah estetika pada kanopi di teras rumah.

Tips Lisplang untuk Kanopi Tetap Awet

Kanopi
Kanopi (Sumber: instagram.com/kanopi_roemah_banjarmasin)

Walaupun bukan merupakan struktur utama dari kanopi, pemilihan material lisplang perlu diperhatikan. Pastikan baja ringan yang dipilih terjamin mutu dan kualitasnya agar lisplang lebih awet, tak serin direnovasi, sehingga meminimalisir pengeluaran.

Seperti VIVO Baja Ringan yang diproduksi dari material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas, ZINIUM yang telah ber-SNI 4096:2007.

Diproduksi oleh PT. Kepuh Kencana Arum selaku manufaktur yang telah didirikan selama puluhan tahun, membuat Baja Ringan VIVO tidak diragukan lagi kualitasnya. Menariknya, produk satu ini tak akan menguras kantong karena dibanderol dengan harga terjangkau.***

Lisplang Baja Ringan, Bikin Kanopi di Teras Rumah Makin Estetik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top