Rangka Partisi, Solusi Cepat dan Mudah untuk Membuat Banyak Ruang Kerja

Rangka Partisi

Rangka partisi menjadi salah satu alternatif untuk digunakan sebagai penyekat ruangan yang terlalu besar menjadi dua atau beberapa bagian. Lalu, apa perbedaannya dengan tembok biasa?

Baik tembok biasa mapun partisi memang dapat digunakan sebagai penyekat ruang. Tetapi, tembok sifatnya permanen dan memiliki fungsi struktural sebagai penopang bangunan.

Berbeda dengan partisi yang tidak terlalu signifikan dalam menopang beban seluruh bangunan. Sifatnya lebih fleksibel karena dapat dipindah, serta keberadaannya dapat mempermanis ruangan.

Pembangunan partisi membutuhkan material berupa Metal Stud, U Runner, serta penutup berupa gypsum atau bisa menggunakan kalsiboard, baut, dan lainnya.

Adapun Metal Stud dan U Runner termasuk dalam rangka baja ringan yang biasanya memang digunakan sebagai rangka partisi. Apa kelebihannya? Berikut ulasannya.

Keunggulan Rangka Partisi dari Baja Ringan

Dinding Partisi
Dinding Partisi (dok. VIVO Baja Ringan)

Banyak keuntungan yang akan didapat ketika menggunakannya karena material ini memiliki beragam keunggulan, yaitu:

Praktis dan Mudah Dipasang

Mengingat material ini ringan, rangka partisi sangat menguntungkan karena mudah dalam pengangkutannya.

Selain itu, baik Metal Stud maupun U Runner didesain sedemikian rupa untuk memudahkan para aplikator baja ringan dalam pemasangannya.

Tidak Merambatkan Api

Seperti diketahui, salah satu keunggulan baja ringan adalah tidak merambatkan api karena bahan dasarnya adalah baja. Termasuk ketika material tersebut diaplikasikan sebagai struktur partisi.

Karena keunggulannya tersebut, baja ringan akan bermanfaat untuk bangunan yang didirikan di daerah rawan badai tinggi.

Dimana di area tersebut, aktivitas seismik dan konsleting sebagai faktor penyebab kebakaran cukup rawan terjadi.

Kokoh dan Awet

Baja ringan dikenal sebagai material yang tahan karat karena memiliki lapisan/coating yang terdiri dari Aluminium, Zinc, Silikon, dan unsur kimia lainnya.

Di samping itu, tegangan tarik atau keuletan juga dimiliki baja ringan terutama yang kualitasnya sudah terjamin. Sehingga mampu menopang beban lebih baik, termasuk untuk dinding partisi.

Karena ketahanannya teradap karat, ditambah tegangan tariknya baik,  tidak heran jika material baja ringan lebih kokoh serta tahan lama atau awet.

Lebih Hemat

Saat ini, harga baja ringan (termasuk material untuk rangka partisi) lebih ramah di kantong jika dibandingkan dengan kayu.

Terlebih lagi material ini lebih kokoh, tahan api, serta mudah dalam pemasangan. Sehingga biaya yang dikeluarkan dapat ditekan (tidak perlu sering renovasi serta biaya untuk aplikator bisa diminimalisir).

Cara Membuat Rangka Partisi yang Tidak Menguras Kantong

Biaya pembuatan dinding partisi non struktural tentu dapat ditekan, salah satunya adalah dengan menggunakan material berkualitas yang harganya terjangkau.

Seperti rangka partisi VIVO yang menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas, ZINIUM dan dibanderol dengan harga lebih bersahabat.

Rangka Partisi, Solusi Cepat dan Mudah untuk Membuat Banyak Ruang Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top