Wujudkan Dinding Eksterior Nuansa Industrial dengan Atap VIVO, Bisa?

Ilustrasi Dinding Eksterior Pakai Atap VIVO

Dinding eksterior yang posisinya berada di area terluar rumah berfungsi sebagai pelindung seisi bangunan dari gangguan dari luar. Itulah kenapa, komponen hunian ini harus kuat dan kokoh. Keindahan juga harus dimiliki, mengingat dinding yang posisinya di luar itu akan berpengaruh pada fasad rumah.

Terkait hal tersebut, saat ini sudah ada beragam konsep rumah yang sedang naik daun. Salah satunya konsep industrial yang semakin banyak diterapkan di bangunan modern.

Nuansa industrial ini lebih sederhana dan tampak impresif dengan tampilan unik karena menampilkan material dasar. Sehingga kadang tampak seperti bangunan belum jadi dan terlihat selayaknya pabrik, gudang, atau bangunan industri lainnya.

Guna mewujudkan nuansa industrial pada dinding hunian, pemilihan material perlu dilakukan. Dalam hal ini, atap VIVO ternyata dapat dimanfaatkan untk material dinding (penutup) maupun sebagai secondary skin dinding.

Keunggulan Atap VIVO untuk Dinding Eksterior

Atap VIVO VR 800
Gambar 1. Atap VIVO VR 800

Tak hanya mendukung terciptanya nuansa industrial pada hunian, berikut ini beberapa keunggulan atap VIVO jika diaplikasikan sebagai dinding.

  • Kokoh dan Awet

Atap VIVO menggunakan material Baja Lapis Aluminium (BjLAS) dengan tegangan tarik 550 MPa (G550) dan sudah ber-SNI, yaitu ZINIUM®. Artinya, produk atap ini tidak mudah patah.

Atap VIVO VR 1000
Gambar 2. Atap VIVO VR 1000

Lebih dari itu, ZINIUM® yang memiliki coating Aluminium 55%, Zinc 42%-44%, Si 1%-1,5% tak membuat produk atap VIVO mudah berkarat. Sehingga masa pakainya lebih lama alias awet.

  • Estetika

Meski tanpa dicat ulang, produk atap VIVO yang digunakan sebagai cladding tak kalah estetik dari material lainnya.

Ilustrasi Rumah Industrial
Gambar 3. Ilustrasi Rumah Industrial (Sumber: Instagram @legacy._.builders)

Konsep bangunan industrial pun cocok menggunakan produk VIVO yang memiliki dua tipe ini, yaitu VR 1000 (lebar efektif 1000mm) dan VR 800 (lebar efektif 800mm).

  • Cegah Dinding Rembes

Dinding rembes akan membuat tembok lembab serta menjamur. Jika tidak segera diatasi, bukan hanya akan membuat tampilan rumah kurang menarik. Rasa tidak nyaman hingga kerusakan akan terjadi jika rembes semakin parah.

Ilustrasi Fasad Rumah Industrial
Gambar 4. Ilustrasi Fasad Rumah Industrial (Sumber: Instagram @berridgemanufacturing)

Dengan menggunakan produk VIVO untuk dinding eksterior, dinding rembes, terutama saat hujan tidak akan terjadi. Sebab, produk ini memiliki sistem overlapping yang saling mengunci rapat /locking, sehingga bocor akibat hujan disertai tidak akan terjadi.

Menariknya lagi, produk atap VIVO ini tersedia dengan panjang yang bervariasi, yaitu mulai dari 3m, 4m, 5m, hingga 6m.

***

Pada dasarnya, dinding eksterior tak harus menggunakan material dari beton, campuran pasir dan semen, atau pun batu bata. Bahan BjLAS seperti produk atap VIVO pun dapat dimanfaatkan sebagai cladding maupun secondary skin.

Wujudkan Dinding Eksterior Nuansa Industrial dengan Atap VIVO, Bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top