Baja Ringan Bekas untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Kenapa Tidak?

Kreasi Baja Ringan Bekas

Baja ringan bekas yang berasal dari sisa pembangunan atau renovasi konstruksi atap bangunan terkadang dianggap tidak memiliki nilai rupiah.

Padahal jika dipadukan dengan kreativitas, peluang bisnis baja ringan ini cukup besar dan akan menambah penghasilan di masa pandemi.

Ada berbagai kreasi baja ringan yang dapat diterapkan, seperti kebutuhan rumah tangga yang  peminatnya cukup banyak.

Bahkan dengan memanfaatkan baja ringan bekas kita tak hanya menghasilkan pundi-pundi saja. Kita juga membantu untuk mengurangi eksploitasi kayu yang berisiko mengganggu ekosistem hutan.

Aneka Kreasi Baja Ringan Bekas

Kursi Baja Ringan

Kursi Baja Ringan Bekas
Kursi Baja Ringan (Sumber: rokhmad.com)

Meskipun berstatus ‘sisa’, namun baja ringan masih dapat dikreasikan menjadi furnitur seperti kursi. Lebih beruntung jika ukuran dari sisa material tersebut masih cukup panjang.

Untuk pembuatannya, material kanal C baja ringan dapat dimanfaatkan. Tak berbeda jauh ketika menggunakannya untuk rangka atap, perhitungan baja ringan yang tepat juga akan membuat kursi kuat menopang beban.

Rak Serbaguna

Rak Serbaguna
Rak Serbaguna dari Baja Ringan (Sumber: Instagram @diancahayakoe2)

Ukuran panjang baja ringan dari sisa pembangunan sering kali tak cukup panjang. Meski begitu, material ini masih dapat dibuat menjadi rak serba guna.

Supaya tetap menghemat material, rak serbaguna dapat dibuat dengan menempel ke tembok. Karena tak memiliki ‘kaki’, rak jenis ini akan lebih menghemat tempat dan cocok untuk rumah minimalis.

Rak Piring Baja Ringan

Rak Piring Baja Ringan
Rak Piring (Instagram @n.a.nproject)

Jangan keburu membuang sisa hollow baja ringan dari bekas pembuatan ranka plafon, karena material ini masih dapat dimanfaatkan.

Salah satunya untuk rak piring baja ringan minimalis yang dapat diletakkan di atas wastafel, sehingga tak memerlukan space berlebih.

Kitchen Set

Kitchen Set
Kitchen Set (Sumber: Instagram @mandiriberdikari)

Tak akan ada yang menyangka jika baja ringan yang biasa digunakan untuk rangka atap dapat dikreasikan menjadi kebutuhan rumah tangga.

Salah satunya adalah kitchen set yang terbuat dari hollow baja ringan, kanal C, hingga coil. Kemudian material tersebut juga dipadukan dengan material kaca agar tampilannya semakin estetik.

Stand Mirror Baja Ringan

Stand Mirror
Stand Mirror Baja Ringan (Sumber: Instagram @muhammad_galih_kadar)

Jangankan rak atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Dengan kreasi yang begitu cemerlang, beberapa batang baja ringan pun dapat disulap menjadi stand mirror.

Selain tak mudah rapuh seperti ketika menggunakan material kayu, stand mirror baja ringan memiliki tampilan estetik meski tanpa harus dicat.

***

Itulah beberapa inspirasi cerdik dari baja ringan bekas untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas, pastikan menggunakan material yang sudah terjamin kualitasnya.

Seperti VIVO baja ringan, produk PT Kepuh Kencana Arum yang diciptakan dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-SNI merek ZINIUM®. Bukan hanya kokoh, produk VIVO juga dibanderol dengan harga relatif terjangkau.

Baja Ringan Bekas untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Kenapa Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top