Meningkat Rumah Tidak Boleh Sembarangan, Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Ilustrasi Meningkat Rumah

Meningkat rumah menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ketersediaan lahan pemukiman yang bisa dibilang semakin sempit. Namun, memperluas bangunan secara vertikal bukan hal mudah, karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Bukan hanya soal biaya yang akan dikeluarkan. Perencanaan matang pun perlu diperhatikan agar tak menyebabkan pemborosan maupun masalah saat proses maupun pasca renovasi.

Itulah kenapa, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan sebelum menambah lantai kedua atau lebih untuk tempat tinggal.

Penentuan Desain dan Konsep

Ilustrasi Aplikasi VIVO Deck
Ilustrasi Aplikasi VIVO Deck (dok.Instagram.com @omahlembang)

Baik pembangunan awal maupun renovasi, konsep maupun desain yang matang adalah hal penting. Tujuannya agar terhindar dari pembengkakan biaya pembangunan, termasuk karena bongkaran binding atau bagian lain yang sudah ada sebelumnya.

Karenanya, sebelum pembangunan, tentukan desain, konsep, serta ruangan apa saja yang dibutuhkan.

Struktur Bangunan

Selain desain dan konsep, struktur pun penting dipertimbangkan karena berkaitan dengan kekuatan bangunan.

Ilustrasi Penggunaan Floordeck
Ilustrasi Penggunaan Floordeck (dok. Instagram @iniyusing)

Salah satu bagian dari struktur ini adalah pondasi. Mengingat rumah bertingkat berarti bangunan yang akan dibangun secara vertikal, maka pondasi harus kokoh.

Contohnya pada rumah dua lantai, butuh struktur pondasi seperti jenis cakar ayam atau foot plat.Dapat dipakai di segala macam tanah (lunak maupun keras), tipe pondasi ini fungsinya dapat mencengkeram tanah secara kuat agar bangunan di atasnya kokoh.

Baca juga: Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Efisiensi Lahan Parkir

Bentuk dan Penempatan Tangga

Saat memutuskan untuk meningkat rumah, maka tangga sebagai penghubung antar lantai juga pasti ada. Terkait hal ini, penentuan bentuk sekaligus lokasi di mana diletakkannya tangga juga perlu dipertimbangkan.

Contohnya pada rumah minimalis yang didirikan di lahan terbatas, lebih baik memilih model tangga minimalis yang ringkas dan fungsional. Seperti tipe tangga yang menempel di dinding atau pun melayang, sehingga area di bawah tangga masih dapat dimanfaatkan.

Utilitas Rumah

Utilitas ini maksudnya yang berkaitan dengan aliran air hingga listrik. Penting untuk mempertimbangkannya, sehingga masih dapat terhubung dengan bangunan utama.

Material untuk Meningkat Rumah

Pemilihan material pun tak bisa dilakukan dengan sembarangan, agar bangunan tetap kokoh. Seperti dengan memilih bahan untuk floordeck yang merupakan elemen penting saat menambah lantai rumah.

VIVO Deck yang menggunakan ZINIUM® (AS/AZ 70) adalah alternatif terbaik untuk mewujudkan pembangunan dek lantai rumah.

VIVO Deck
VIVO Deck

Penggunaan dek lantai dari VIVO Baja Ringan ini bukan hanya dapat menghemat besi tulangan. Material ini pun memungkinkan untuk diekspos, sehingga penambahan plafon tidak harus dilakukan. VIVO Deck juga mendukung terciptanya konsep industrial look, sehingga hunian tampak elegan dan menawan.

***

Melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkat rumah memerlukan perencanaan secara matang. Selain beberapa faktor di atas, menggunakan jasa profesional pun perlu dipertimbangkan agar hunian impian dapat terwujud.

Meningkat Rumah Tidak Boleh Sembarangan, Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top