Model Atap Rumah dengan Konstruksi Baja Ringan yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Model Atap Rumah

Model atap rumah bukan hanya sebagai penambah estetika pada hunian. Sering kali, bentuk pada atap tersebut memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Seperti halnya di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi, rata-rata atap rumahnya tidak sama dengan luar negeri

Kebanyakan, bentuk atap miring digunakan di Indonesia. Tujuannya agar air hujan cepat turun ke tanah, sehingga tidak mengendap di bagian atas dan risiko kebocoran pun bisa dihindari.

Selain itu, penggunaan material yang kokoh dan tidak mudah lapuk akan membantu untuk mengurangi risiko kebocoran. Seperti baja ringan yang akan membentuk struktur atap kokoh serta cocok digunakan di Indonesia.

Terkait hal tersebut, berikut ini adalah contoh model atap rumah dengan konstruksi baja ringan yang cocok diterapkan di Indonesia.

Atap Pelana

Atap Pelana
Atap Pelana(dok. Instagram @dietrich_untertrifaller)

Model atap ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Karena atap pelana dapat menghadirkan kesan estetik sekaligus fungsional.

Penerapan atap pelana pada rumah-rumah di Indonesia memang tepat. Hal ini mengingat bentuknya yang miring di kedua sisi, akan memudahkan air hujan turun ke tanah.

Atap Miring

Model Atap Rumah Miring
Model Atap Rumah Miring (dok. Instagram @we.are.opal)

Model atap rumah yang cocok untuk konstruksi baja ringan selanjutnya adalah atap miring, dimana banyak diterapkan pada rumah minimalis.

Selain menyuguhkan kesan estetik dan sederhana, fungsi atap juga tak hilang. Dimana atap miring akan tetap membuat air hujan turun ke tanah dengan cepat tanpa meninggalkan kesan estetik.

Atap Limasan

Model Atap Limasan
Model Atap Limasan (dok. Instagram @geowoomba301)

Atap limasan juga dikenal sebagai atap piramida. Model ini pun sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia, baik tradisional maupun modern.

Selain membuat fasad rumah semakin menarik, ada banyak kelebihan dari model atap rumah limasan, di antaranya:

  1. Hampir semua dinding luar terlindungi dari terik matahari maupun air hujan, karena bentuk atapnya yang miring di semua sisi.
  2. Dengan sudur kemiringan yang pas, arah angin yang menerpa hunian akan dibelokkan ke atas. Alhasil, risiko kebocoran dapat diminimalisir, terutama saat terjadi hujan disertai angin.
  3. Bentuk atap rumah limasan dapat melindungi struktur bangunan dari kerusakan akibat cuaca ekstrem.

Atap Dutch Gable

Desain Atap Rumah Pelana Bertingkat
Atap Dutch Gable (dok. Instagram @houseofogden)

Disebut juga sebagai atap pelana Belanda atau atap pelana bertingkat, bentuk ini merupakan kombinasi atap pelana dan perisai.

Biasanya model atap rumah Dutch gable terdiri dari atap pelana yang ditempatkan di atas atap perisai, sehingga membentuk ruang lebih dalam loteng.

Tak hanya estetik, desain atap ini menjadi solusi untuk memiliki hunian dengan jendela di atas. Dimana atap bagian samping akan melindungi jendela dari limpasan air hujan.

***

Itulah deretan contoh model atap rumah dengan konstruksi baja ringan yang cocok diterapkan di Indonesia.

Pastikan untuk selalu menggunakan material struktur atap yang kualitasnya terjamin seperti Baja Ringan VIVO, agar atap tak hanya estetik, tetapi juga kokoh dan awet.

Model Atap Rumah dengan Konstruksi Baja Ringan yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top