Jasa Pasang Baja Ringan, Lebih Baik Pilih Aplikator atau Tukang?

Jasa Pasang Baja Ringan

Memilih jasa pasang baja ringan menjadi salah satu ‘PR’ yang tidak mudah. Hal jika salah pilih, risikonya akan lebih besar mengingat faktor pemasangan material tersebut berkaitan dengan keselamatan penghuni.

Terkait hal tersebut, saat ini terdapat dua profesi yang dikenal di dunia konstruksi baja ringan, di antaranya adalah aplikator dan tukang.

Keduanya memang memiliki peranan cukup penting di dunia konstruksi. Namun aplikator baja ringan dan tukang tidak dapat disamakan.

Sebab, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifian, bukan hanya dari segi penyebutannya saja. Lalu, mana yang lebih baik untuk dipilih, aplikator atau tukang untuk konstruksi baja ringan?

Perbedaan Aplikator Baja Ringan dan Tukang

Ilustrasi Aplikator Baja Ringan
Ilustrasi Aplikator Baja Ringan (Sumber: Instagram @ecotrussafrica)

Penting untuk memahami apa bedanya tukang dan aplikator serta mana yang lebih di antara keduanya. Hal ini mengingat faktor manusia (jasa pemasang rangka baja ringan) penting untuk mengurasi bangunan roboh.

Singkatnya, aplikator baja ringan merupakan seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam pemasangan rangka baja ringan. Sedangkan tukang adalah mereka yang juga memiliki kemampuan, tetap dalam pekerjaan proyek secara umum.

Di samping itu, aplikator akan lebih memerhatikan kelengkapan alat pelindung diri. Di antaranya seperti penggunaan safety shoes (pelindung kaki), safety yest, sarung tangan, hingga helm keselamatan. Sementara kebanyakan tukang tidak mengenakan alat pelindung diri.

Mana yang Lebih Baik untuk Jasa Pasang Baja Ringan?

Pemasarangan Rangka Atap Baja Ringan
Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan (Sumber: Instagram @ecotrussafrica)

Seperti diketahui, pemasangan rangka baja ringan tidak sama seperti ketika menggunakan material kayu. Itulah mengapa, diperlukan seseorang yang telah berpengalaman di bidangnya, yaitu aplikator baja ringan.

Aplikator baja ringan sendiri menjadi salah satu faktor yang dapat meminimalisir robohnya bangunan. Karena profesi ini mengetahui bagaimana cara tepat untuk mengaplikasikan rangka baja ringan sesuai dengan gambar kerja.

***

Jadi, memilih jasa pasang baja ringan memang penting karena berkaitan dengan keselamatan penghuni bangunan. Aplikator baja ringan yang telah mengantongi sertifikasi adalah pilihan terbaik. Sebab mereka memiliki keahlian dan keterampilan dalam memasang rangka baja ringan.

Namun, aplikator bukan satu-satunya faktor yang dapat menjaga kekokohan bangunan. Ada beberapa hal yang turut memengaruhi. Seperti teknik pemasangan kuda kuda, penghitungan,hingga pemilihan material baja ringan.

VIVO Baja Ringan adalah pilihan material terbarik. Selain bukan hanya karena diproduksi oleh roll former yang telah bergerak di bidangnya lebih dari 30 tahun, yaitu PT Kepuh Kencana Arum (KKA). Produk ini juga diciptakan dari bahan baku ber-SNI, yaitu ZINIUM®.

Jasa Pasang Baja Ringan, Lebih Baik Pilih Aplikator atau Tukang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top