Atap Baja Ringan Bunyi ‘Ctak’ Saat Siang Hari, Bahaya Tidak Ya?

Ilustrasi Atap Baja Ringan Bunyi

Atap baja ringan bunyi saat siang hari terkadang menjadi hal yang dikhawatirkan sebagian orang. Bunyi yang dimaksud ini adalah seperti ‘ctak’ yang tak hanya datang sekali, tetapi berulang. Bahkan area datangnya suara itu pun berpindah.

Jadi, sebenarnya kenapa atap berbunyi? Apakah suara yang ditimbulkan itu berbahaya sampai membuat atap ambruk?

Tidak bisa disimpulkan begitu saja, atap berbunyi saat siang hari perlu dicari tahu penyebabnya, seperti melalui ulasan berikut.

Kenapa Atap Baja Ringan Bunyi?

Bunyi misterius seperti terinjak atau bahkan dilempar batu pada atap baja ringan saat siang hari itu biasanya berasal dari sekrup atau baut.

Pemuaian menjadi faktor yang berkaitan dengan bunyi ini, terutama saat siang hari. Lantas, apa itu pemuaian?

Pemuaian adalah bertambahnya ukuran benda yang dapat terjadi akibat kenaikan suhu, tekanan tinggi atau bahkan laju air. Peristiwa ini pun bisa terjadi pada benda cair, gas, maupun padat.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah ala VIVO

Apakah Bunyi pada Atap Berbahaya?

Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir dengan timbulnya bunyi ini, asalkan pemasangan baut dan sekrup rangka atap dilakukan dengan benar.

Tapi jika masih ragu, lakukan pengecekan pada baut-baut pengunci rangka baja ringan sambil mencari sumber bunyi.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah baut terpasang dengan kuat atau tidak. Jika  kendur, segera kencangkan kembali.

Lakukan konsultasi dengan ahli konstruksi agar kekhawatiran masih ada. Selain itu, gunakan jasa aplikator baja ringan terpercaya untuk pemasangan atap baja ringan (memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP).

Pastikan pula untuk selalu menggunakan baja ringan yang kualitas materialnya jelas, seperti VIVO Baja Ringan.

Terbuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-SNI yaitu ZINIUM®, Baja Ringan VIVO kokoh, tahan korosi, ekonomis, serta tidak mudah ambruk jika pemasangannya sudah sesuai standar.

***

Pada dasarnya, atap baja ringan bunyi di siang hari bukan hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Karena asal suara itu salah satunya dari baut atau sekrup.

Apabila pemasangan baut atau sekrup pada rangka atap baja ringan sudah dilakukan dengan benar, sebenarnya tidak masalah.

Atap Baja Ringan Bunyi ‘Ctak’ Saat Siang Hari, Bahaya Tidak Ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top
error: Content is protected !!